Rumus Kenali Busi Asli atau Imitasi
Busi imitasi yang hanya numpang nama tentu memiliki kualitas
pembakaran yang tidak maksimal.
Busi merupakan elemen penting pada kendaraan yang berbahan
bakar bensin. Komponen yang juga dijuluki bunga api listrik ini punya fungsi
utama untuk membakar campuran bensin dan udara guna mendorong piston.
Busi yang baik tentu menghasilkan api pembakaran yang fokus
sehingga maksimal. Sayangnya, di pasaran kerap beredar busi asli tapi palsu
atau aspal yang sekilas mungkin tak diperhatikan konsumen.
Agar tak terkecoh, berikut tips membedakan antara busi asli dengan imitasi yang dihimpun oleh Arifin Nukman dari produsen busi tenama asal Jepang, NGK.
Agar tak terkecoh, berikut tips membedakan antara busi asli dengan imitasi yang dihimpun oleh Arifin Nukman dari produsen busi tenama asal Jepang, NGK.
"Pada terminal nut tempat ujung busi yang terhubung
dengan cangklong, busi asli memiliki ulir yang lebih halus dan rapi ketimbang
busi palsu. Selain itu, penulisan part number pada busi asli rapi dan
teratur. Sementara itu, pada busi yang imitasi tilisannya hitam, tepal, dan
posisinya tidak rapi," ujar Agus Tan, General Manager Marketing, NGK
Indonesia.
Di beberapa merek, lanjut Agus, produsen biasanya memberikan
nomor lot produksi di bagian heksagonalnya. Busi palsu umumnya tak mencantumkan
nomor produksi.
Gasket pada busi asli juga sangat sulit dilepas, andaipun
terlepas biasanya tak bisa untuk dipasang kembali. Sedangkan busi imitasi
biasanya longgar dan dapat di lepas-pasang.
Metal shell busi yang asli dibuat dari besi baja yang tahan
panas, tahan korosi dan warnanya lebih cerah serta tak pudar. Untuk busi palsu,
biasanya tampak buram dan mudah berkarat.
"Konstruksi ujung elektroda, gap, dan sambungan pada busi
asli sangat rapi, sedangkan untuk busi imitasi tak rapi,"
Tidak ada komentar:
Posting Komentar